Faktor Penyebab Kerontokan Rambut yang Wajib di Ketahui

Rambut rontok bisa menyerang siapa saja, baik pria, wanita, anak muda, bahkan seringkali orang tua. Penyakit ini memang tidak terlalu berbahaya bagi penderitanya, namun menyebabkan penampilan kurang menarik. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah dihentikan. Jangan biarkan rambut Anda terbuang sia-sia ya :-D

Untuk menghentikan atau mencegah rambut rontok dari akarnya, Kita perlu mencari penyebabnya. Rambut rontok ini ternyata dapat dikarenakan faktor eksternal maupun internal dari tubuh kita. Berikut adalah faktor internal penyebab rambut rontok yang wajib kamu ketahui:
  
Siklus Pertumbuhan Rambut yang Tidak Seimbang
Normalnya pertumbuhan rambut manusia adalah kurang lebih 1 inchi setiap bulannya. Pertumbuhan rambut ini dipengaruhi olah banyak hal pula sebenarnya, yaitu pemenuhan nutrisi rambut, kebersihan rambut, dan hormon. Siklus pertumbuhan rambut yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Oleh karena itu memberi nurisi serta menjaga rambut selalu bersih perlu dilakukan.

Gangguan Hormon
Hormon yang mengatur pertumbuhan rambut adalah hormon androgen. Pertumbuhan ini bukan hanya bertambah panjang, tetapi berpengaruh pada kekuatan rambut juga. Jika hormon androgen tidak seimbang, sangat mungkit pertumbuhan rambut terganggu dan menyebabkan kerontokan rambut.

Gangguan Emosional
Gangguan emosional dapat disebabkan oleh apa saja, termasuk berbagai beban dan masalah yang dialami oleh penderitanya. Gangguan ini sering disebut stress. Stress memiliki pengaruh pada keseimbangan kerja tubuh, termasuk keseimbangan hormon. Hal tersebut juga dapat menyebabkan rambut rontok. Maka dari itu sangat sering kita jumpai orang yang stress mengalami kerontokan rambut parah hingga terlihat botak.


So, agar tetap terhindar dari kerontokan rambut, tidak cukup dengan rajin keramas saja ya guys, tetapi juga perlu menjaga emosi dan mencegah faktor-faktor internal penyebabnya terjadi. Oleh karena itu selalu berfikiran positf juga penting agar pikiran terjaga fresh. Selain faktor internal diatas, tak lengkap rasanya jika belum mengetahui penyebab- pnyebab eksternal kerontokan rambut. Selain itu Anda obat-obatan penumbuh rambut dan penghenti kerontokan rambut juga disarankan untuk Anda.

Selain rambut rontok, seringkali hal yang mengganggu penampilan adalah jerawat. Jika kamu mengalami hal ini, berikut tips mudah bebas jerawat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa saat Menstrulasi sering Muncul Jerawat?

Apakah Jerawat Merupakan Penyakit Genetis?