Mengapa saat Menstrulasi sering Muncul Jerawat?


Sering timbul jerawat saat menstrulasi? Masih bertanya-tanya kenapa bisa seperti itu? Yuk kita kenali penyebabnya. Seperti yang telah dibahas pada penyebab jerawat, kita tahu bahwa timbulnya jerawat dipengaruhi oleh 2 hal, yaitu secara genetis karena kelenjar minyak yang produktivitasnya tinggi dan masalah kebersihan kulit dan wajah. Sebenarnya keduanya berkaitan lho, karena produksi minyak berlebih ini menyebabkan debu, bakteri, dan kotoran menyumbat pori-pori kulit. Sehingga tidak ada cara lagi selain rajin-rajin membersihkan muka dan menggunakan sabun muka yang mengurangi produksi minyak maupun anti jerawat.

Lalu diantara 2 penyebab tadi, mana yang mempengaruhi jerawat saat menstrulasi? Ya, menstrulasi sangat erat kaitannya dengan produksi dan produktivitas hormon dalam tubuh. Saat menstrulasi, fluktuasi hormonal mempengaruhi produktivitas kelenjar minyak. Sehingga saat tersebut wajah lebih berminyak dan akhirnya banyak debu, kotoran, dan bakteri yang menempal dan menyumbat pori-pori.  Akhirnya jerawat pun muncul. Bahkan ada orang yang mempunyai jerawat hanya waktu menstrulasi.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bakteri penyebab jerawat yang sering kita tamui adalah Propionibacterium acnes. Bakteri ini yang paling sering menyebabkan jerawat. Aktivitas jerawat ini menyebabkan terjadi infeksi dan inflamasi  saat minyak berlebih lalu pori-pori tersumbat oleh kotoran, muncullah jerawat.

Lalu bagaimana mengatasinya? Karena produksi kelenjar minyak lagi banyak-banyaknya, maka kemungkinan debu, bakteri dan kotoran ini akan meningkat pula. Oleh karena itu menjaga kebersihan wajah dan kulit harus lebih ditingkatkan. Oleh karena itu, selain rajin membersihkan gunakan pula pembersih wajah anti jerawat dan yang mampu mengurangi minyak diwajah. Setelah menstrulasi berakhir, biasanya kelenjar minyak akan berfungsi secara normal kembali.

Anda tidak perlu khawatir lagi karena jerawat. Akan tetapi, tetap lakukan pencegahan jerawat dengan tetap rajin membersihkan wajah dan kulit terutama malam setelah beraktifitas seharian. Namun kebanyakan malas melakukan hal baik ini karea malas pegang air malam hari. But, jangan khawatir karena ada pembersih wajah yang dioleskan tanpa harus menggunakan air. Ini pilihan yang recomended buat kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor Penyebab Kerontokan Rambut yang Wajib di Ketahui

Apakah Jerawat Merupakan Penyakit Genetis?